Tetap Bugar Menjelang Puasa ditengah Wabah Covid-19

Tetap Bugar Menjelang Puasa ditengah Wabah Covid-19

Tetap Bugar Menjelang Puasa ditengah Wabah Covid-19 : Kasus Novel Coronavirus (Covid-19) menjadi perhaƟan banyak fihak. Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China ini sudah menginfeksi warga Indonesia, tercatat ada 96 pasien.

Sedangkan di seluruh dunia, angka infeksi Covid-19 mencapai 147.960 kasus di 149 negara hingga Sabtu (20/3/2020). Ditengah wabah Covid-19, dan menjelang Ramadhan 1441 H kita sebagai warga muslim wajib bersiap diri. Menurut dr. H. M. Subkhan, Sp.P, Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya, Covid-19 adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan.

Walaupun virus ini berasal dari hewan, namun yang menjadi problem saat ini adalah penularannya yang bisa terjadi dan melalui siapa saja. Pada dasarnya, coronavirus merupakan virus zoonoc yaitu virus yang bertransmisi dari hewan ke manusia.

Hal yang harus diperhatikan untuk mecegah penularan virus corona adalah memastikan bahwa tangan kita bersih. Virus ini hampir sama dengan virus hepas. Penularannya bisa terjadi ketika ada percikan yang mengenai anggota tubuh.

selengkapnya download dan baca emagazine matahati

 

 

Zakat, Pengertian, Hukum, Keutamaan, dan Jenisnya

Zakat, Pengertian, Hukum, Keutamaan, dan Jenisnya

Hukum Zakat, Zakat adalah rukun Islam yang ketiga yang diwajibkan di Madinah pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah setelah diwajibkannya puasa Ramadhan dan zakat fitrah.

Zakat: Pengertian, Hukum, Keutamaan, Serta Jenisnya

Penyaluran ZIS Oleh lazismu Gresik kepada Mustahik Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Zakat dalam segi istilah adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya atau mustahik zakat yang terdiri dari 8 asnaf. Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam

Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.

Syarat-syarat Wajib Zakat

a. Muslim
b. Aqil
c. Baligh
d. Memiliki harta yang mencapai nishab

ZAKAT MAAL

Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati

Milik Penuh (Almilkuttam)
Berkembang
Cukup Nishab
Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul Ashliyah)
Bebas Dari hutang
Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)

Harta (maal) yang Wajib di Zakati
Binatang Ternak
Hewan ternak meliputi hewan besar (unta, sapi, kerbau), hewan kecil (kambing, domba).

Emas Dan Perak

Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok, juga sering dijadikan perhiasan. Emas dan perak juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang. Oleh karena syara’ mewajibkan zakat atas keduanya, baik berupa uang, leburan logam, bejana, souvenir, ukiran atau yang lain.

Harta Perniagaan

Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya, baik berupa barang seperti alat-alat, pakaian, makanan, perhiasan, dll. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti CV, PT, Koperasi, dsb.

Hasil Pertanian

Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman hias, rumput-rumputan, dedaunan, dll.

Ma-din dan Kekayaan Laut

Ma’din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas, perak, timah, tembaga, marmer, giok, minyak bumi, batu-bara, dll. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara, ambar, marjan, dll.

Rikaz

Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya.

Untuk Konsultasi dan cara menghitung zakat dapat menghubungi: kontak

PROGRAM PEMBERDAYAAN ZAKAT UNTUK PENERIMA MANFAAT

Sejak tahun 2002 Lazismu terus konsisten untuk menjadi problem solver bagi berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Baik itu berkenaan dengan masalah eknomi, pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan mutu kesehatan serta pendidikan masyarakat Indonesia dan penanggulangan bencana melalui pemberdayaan dana Zakat, Infaq dan dana kemanusiaan lainnya.

Berikut adalah jejak pengabdian Lazismu di tengah masyarakat:

Kami mengajak segenap kaum muslimin untuk mendukung program-program yang dilaksanakan oleh Lazismu. Zakat, Infaq dan dana kemanusiaan lainnya yang berasal dari donatur/muzakki akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk transformasi mustahik menjadi lebih baik lagi.

3 Pilar Program Lazismu

1. PENDIDIKAN

Pilar program yang betujuan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan SDM dan juga perbaikan sarana dan prasarana pendidikan terutama di daerah pinggiran dan daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal). Program Pilar Pendidikan ini terdiri dari:

Save Our Schools, Gerakan penyelamatan sekolah-sekolah yang rusak secara fisik dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.

TrenSains, Gerakan membumikan Sains khusus di kalangan Pesantren. Kegiatan utama TrenSains adalah mengkaji dan meneliti ayat-ayat semesta yang terkandung di dalam Al-Quran dengan harapan lulusannya menjadi ilmuan bidang kealaman, rekayasa dan medis dengan basis pemahaman Al-Quran yang kokoh serta kedalaman filosofis.

Beasiswa Mentari, Gerakan kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dan pelajar dari kurang mampu melalui pola pengasuhan dalam bentuk bantuan beastudi.

Beasiswa Sang Surya, Gerakan peningkatkan akses untuk pendidikan yang berkualitas. Yaitu dengan memberikan kesempatan generasi muda yang berprestasi namun menghadapi kendala ekonomi untuk menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas.

Sekolah Cerdas, Program yang bertujuan untuk menciptakan sekolah yang memiliki kebijakan dan budaya yang mendorong seluruh elemen sekolah dalam menciptakan kondisi yang aman terhadap bencana dan kekerasan.
Peduli Guru, Program yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan atau kesejahteraan guru.

2. EKONOMI

Program yang menyentuh permasalahan ekonomi masyarakat dengan berbagai bentuk kegiatan program, diantarnya adalah:

Tani Bangkit, Program pemberdayaan petani melalui system pertanian terpadu dan ramah lingkungan. Bekerjasama dengan Majelis Perberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam bentuk pelatihan, pendampingan dan penyediaan pupuk.

Pemberdayaan Buruh Tani & Nelayan, Program pemberdayaan bagi buruh tani nelayan yang bekerjasama dengan MPM PP Muhammadiyah dengan tujuan meningkatkan kapasitas/taraf ekonominya.

Peternakan Masyarakat Madani, Program pemberdayaan peternak dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas harga ternak dan memiliki daya saing, kerjasama Lazismu dengan MPM PP Muhammadiyah.

BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah), Program pemberdayaan perempuan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga berbasis Ibu rumah Tangga.

1000 UMKM, Program pemberdayaan ekonomi melalui pemberian modal usaha (kepada gharimin/terlilit hutang) dan penguatan usaha dengan skema kemitraan.

Pemberdayaan Mualaf, Program pemberdayaan bagi Muallaf dengan cara pelatihan, pendampingan dan permodalan yang bertujuan untuk peningkatan ekonomi keluarga.

3. KEMANUSIAAN DAKWAH & SOSIAL

Berbagai program yang di dedikasikan untuk berbagai permasalahan kemanusiaan, pendukung kegiatan dakwah dan aksi sosial di tengah masyarakat.

Indonesia Mobile Clinic, Program layan gerak klinik kesehatan yang ditujukan khusus untuk melayani dan membantu masyarakat dalam bentuk pengobatan dan konsultasi di lokasi atau daerah rawan kesehatan dan jauhnya akses menuju puskesmas atau rumah sakit.

Klinik Apung Said Tuhuleley, Floating clinic untuk memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pulau-pulau terpencil di kepulauan Maluku yang masih lemah terhadap akses layanan kesehatan dan pendidikan.

END TB, Program pemberian bantuan sarana pendukung bagi penderita TB yang sedang melakukan proses pengobatan.

Peduli Kesehatan, Program bantuan bagi masyarakat yang sedang dalam tahap pengobatan dan memilik kendala dalam pembiayaan.

Indonesia Terang, Program pemberian listrik tenaga surya kepada masyarakat miskin di daerah yang belum terjangkau aliran listrik dari PLN dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas keluarga.

Advokasi, Program pendampingan dan pengembangan bagi masyarakat berupa advokasi maupun bantuan hukum dan usaha, dengan target sasaran; Buruh, Petani dan Nelayan; Tenaga Kerja Indonesia (TKI); Penyandang Sosial (Korban gusur).

Da’i Mandiri, Program pengembangan sumber daya da’i di kawasan dan wilayah khusus. Bekerjasama dengan Lembaga Dakwah Khusus (LKD) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Santri Tahfidz & Kewirausahaan, Program pembinaan santri tahfidz dengan pembekalan teknik berwiraswasta dan pertanian.

Pengembangan Pesantren, Program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pesantren menjadi lebih berkualitas dan berprestasi.

Back To Masjid, Program yang bertujuan menyemarakkan masjid sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar.

Indonesia Siaga, Program penanganan bencana alama mulai dari tahap kesiap-siagaan, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekontruksi. Programnya meliputi: Tanggap darurat bencana, Sekolah siaga, Rumah sakit siaga, komunitas siaga, lumbung dan relawan siaga

editor: buya sorta | sumber: Lazismu PP Muhammadiyah

Lazismu Gresik Peduli Bantu Kepala Keluarga Korban Corona Covid-19

Lazismu Gresik Peduli Bantu Kepala Keluarga Korban Corona Covid-19

Pandemi Covid-19 sedang menyebar di Indonesia. Menurut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sudah ada 26 pasien positif covid-19, 793 ODP dan 79 PDP yang tersebar di 37 kabupaten/kota di Jawa Timur, Sabtu (21/03/2020).

Rumah Sakit sudah bersiap dengan pandemi ini, namun Alat Pengaman Diri (APD) untuk petugas medis (dokter dan perawat) jumlahnya terbatas. Padahal mereka adalah garda terdepan dalam mengatasi wabah Covid-19.

Abidin direktur lazismu Gresik berharap, “dengan adanya program donasi untuk korban covid-19 ini bisa meringankan beban pasien yang terkena wabah corona”.

Pasien yang positif, diisolasi di rumah sakit. Jika pasien tersebut tulang punggung keluarga, dipastikan mereka akan kesulitan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, ujar Bidin.

Lazismu mengajak bapak ibu untuk membantu melawan covid-19 ini dengan berdonasi untuk :
1. Penyediaan APD bagi pekerja medis
2. Penyediaan hand sanitizer, desinfektan dan masker untuk masyarakat umum
3. Bantuan biaya kebutuhan keluarga bagi pasien yang tulang punggung keluarga

 

Donasi Online Peduli Korban Corona Covid-19 klik link dibawah ini: Donasi Disini

Cara Menghitung Zakat Mal, Ini Ketentuan Hukum Fikhnya!

Cara Menghitung Zakat Mal, Ini Ketentuan Hukum Fikhnya!

Cara Menghitung Zakat Mal : Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariah.

Bagaimana perhitungan zakat bagi seseorang yang pemerolehan harta (zakat profesi) seseorang ini dapat belanja beli mobil atau buat rumah. Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas membahas dalam Kuliah Bakda Dzuhur di Masjid Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (13/6).

Cara Menghitung Zakat Mal

Yunahar Ilyas mengatakan, dimuat pada laman website muhammadiyah.or.id, bahwa Zakatnya benda-benda yang tidak bergerak, yang tidak konsumtif yang dipakai dan jumlahnya atau harganya sampai satu nisab, dizakatkan satu kali saja selama selama dimiliki, misalnya rumah, tetapisebagian fuqaha mengatakan, yang dipakai untuk keperluan sendiri tidak ada zakatnya.

“Rumah yang kita punya tidak ada zakatnya, mobil yang kita punya tidak ada zakatnya, komputer juga tidak ada zakatnya. Tapi kalau punya rumah atau toko untuk kita sewakan, rumah dan tokohnya yang produktif itu dizakatkan sekali saja.

Rumah yang dikontrakkan zakatnya sekali saja, tetapi sewa rumah dan tokonya digabung dengan harta kita. Harta itu bisa dari gaji, bisa dari bagi hasil bank, termasuk dari penyewaan,”terang Yunahar.

Kapan dizakatkan harta kita?, Menurut Yunahar Ilyas, bahwa sudah cukup satu nizab, setara dengan 83 gram emas dan sudah dimiliki satu tahun atau haul, “Kenapa satu tahun?, itu tanda dia sudah tidak memerlukan dalam tahun itu, dia sudah jadi orang kaya tahun itu. Kalau tidak mesti dia belanjakan,” ujarnya.

Selanjutnya, Harta itu dimiliki secara tunai, dimiliki secara sempurna, sedangkan dimiliki secara tidak sempurna apabila statusnya dipinjam orang. “Kita punya uang seratus juta tapi dipinjam saudara, nah itu bukan kepemilikan sempurna. Tunggu kalau dia sudah kembalikan baru dibayarzakat dikeluarkan 2,5 % setiap tahun,” ujarnya.

Cara Menghitung Zakat Profesi

Untuk zakat profesi, Buya Yunahar menyampaikan karena zakat profesi tidak ada di zaman nabi, soal Zakat profesi adalah hasil ijtihad. “Karena hasil ijtihad ijtihad ulama terbelah dua, sebagaian mengatakan tidak ada zakat profesiNabi tidak lupa, Al Quran tidak lupa. Karena di zaman nabi sudahada profesi, yang namanya profesi , pekerjaan jasa itu sudah ada toh tidak ada aturan zakatnya.

Jadi bagi ulama yang kelompok ini tidak ada yang namaanya zakat profesi. Zakat yang adaya zakat mal. zakat mal itu bisa dapat dari gaji, bisa dari jasa, bisa dari perdagangan.”, ujarnya.

“Sebagaian yang lain mengadakannya, gaji itu zakat profesi. Bagi yang berpendapat ada cara menghitungnya juga berbeda, ada yang untung kumulatif satu tahun, jadi berapa gajinya satu tahun dikeluarkan dua setengah persen.

jadi kalau misalkan gajinya satu tahun itu, satu bulan dua juta , nah kalau satu tahun 44 juta. Kalau total gajinya setahun tidak mencapai nisab/ 83 gram emas, maka dia bebas dari zakat, maka kalau gajinya berlebih atau pas nisab maka dia mengeluarkan dua setengah persen perbulan. Itu menurut satu pendapat.

Lebih lanjut, Buya Yunahar menjelaskan Pendapat lain mengatakan, yang dihitung itu saldonya, jadi walaupun gajinya 5 juta sebulan, tapi habis, 5 juta itu habis setiap bulan. Satu tahun tidak ada saldonya, maka dia bebas dari zakat. Buya Yunaharmemahami, sesuai dengan kelompok yang ini. “Kalau orang bertanya kepada saya, saya jawab, kalau gajinya habis tidak ada zakatnya, malah anda berhak menerima zakat. Orangnya mustahik (penerima Zakat) bukan Muzakki (Pemberi Zakat).

Yunahar Ilyas tidak setuju tentang  berapapun gajinya dikeluarkan dua setengah persen tiap bulan. “Zakat itu untuk orang yang sudah berlebih uangnya. Hitungnya dari saldo, apakah diterima tiap minggu, tiap bulan, pokoknya akumulatif satu tahun, Jadi paling gampang itu, tentukan saja tanggalnya, misalkan tanggal 15 Ramadhan, jadi dia akan menghitung zakatnya setiap 15 Ramadhan.

Nanti 15 Ramadhan dia lihat saldonya, punya buku tabungan berapa buah? kalau cuma satu gampang melihatnya, punya deposito. Pokoknya semua uang entah kapan masuknya, mungkin 10 bulan yang lalu, atau 5 bulan yang lalu, mungkin baru saja masuk.Pokoknya setiap 15 Ramadhan lihat saldonya. Kalau saldonya cukup satu nisab (senilai 83 gram emas), maka wajib dikeluarkan 2,5 %, Kalau kurang dari nisab, tidak wajib,” terangnya.

Buya Yunahar juga menyarankan bahwa kalaupun kita tidak wajib zakat, harta kita bisa kita infaqkan, kita sedekahkan. “Kalau infaq dan sedekah terserah diri kita masing-masing”

baca juga: Cara membayar zakat online di lazismu

Mustahik, Siapa Saja Mereka?

Mustahik, Siapa Saja Mereka?

Golongan Mustahik: Mustahik adalah istilah atau sebutan bagi orang-orang yang berhak menerima zakat. Zakat sendiri merupakan ibadah yang dilakukan dengan tujuan untuk menyucikan diri, membersihkan harta, dan berbagi kepada orang yang membutuhkan. Perintah zakat termasuk dalam rukun Islam sehingga hukumnya wajib bagi setiap muslim yang memenuhi syarat sesuai syariah.

Zakat terbagi ke dalam dua jenis, yakni Zakat Fitrah dan Zakat Maal. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib ditunaikan oleh muslim menjelang Hari Raya Idulfitri. Sementara zakat maal merupakan zakat penghasilan yang didapat dari hasil perkebunan, pertanian, perdagangan, peternakan, ataupun harta temuan. Zakat maal wajib hukumnya bagi orang yang mampu, yakni telah melampaui nisab.

Dibandingkan zakat fitrah, perhitungan zakat maal lebih rumit karena memiliki aturan sendiri. Perhitungan untuk hasil pertanian akan berbeda dengan hitungan untuk emas atau harta temuan.

Mustahik Berhak Menerima Zakat, Siapa Saja Mereka?

Zakat yang telah dikumpulkan oleh lembaga akan dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Lantas, siapa saja yang termasuk golongan mustahik? Berikut delapan golongan orang yang berhak menerima zakat.

Fakir

Para fakir termasuk golongan utama yang berhak menerima zakat. Menurut Imam Syafi’i, fakir merupakan orang yang tidak memiliki harta benda atau mata pencaharian. Keadaan ini terjadi secara terus-menerus atau dalam rentang waktu tertentu.

Miskin

Berbeda dengan fakir, orang yang termasuk ke dalam kategori miskin adalah orang yang memiliki harta dan pekerjaan, tetapi belum mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Riqab

Riqab atau memerdekakan budak menjadi penerima zakat yang utama. Budak yang dimaksud adalah seorang muslim yang dijadikan budak kemudian dibeli dari harta zakat dan dibebaskan di jalan Allah SWT.

Gharim

Gharim adalah orang yang memiliki utang dan terdesak mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, baik kepentingan pribadi, sosial, maupun agama. Ada dua jenis gharim. Pertama, gharim limaslahati nafsihi yang terlilit utang demi kepentingan atau kebutuhan pribadi. Kedua, gharim li ishlahi dzatil yang terlilit utang karena mendamaikan manusia, suku, atau qabilah.

Mualaf

Mualaf adalah orang muslim yang imannya masih lemah, tetapi memiliki pengaruh terhadap kaumnya atau sebutan bagi orang yang baru memeluk agama Islam.

Fi sabilillah

Fi sabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah demi mengharapkan rida. Orang yang masuk dalam golongan ini, baik kaya maupun miskin berhak mendapatkan zakat. Namun perlu dingat bahwa di masa kini jihad fi sabilillah tidak selalu berarti perang.

Jihad seorang pelajar harus dilakukan dengan belajar giat untuk mendapatkan rida Allah. Selain itu, fi sabilillah juga bisa berupa organisasi penyiaran dakwah Islam, proyek pembangunan masjid, dan kegiatan lain di jalan Allah SWT.

Ibnu Sabil

Ibnu sabil adalah seorang muslim yang melakukan perjalanan dan memerlukan uang untuk bekal perjalanannya. Orang yang masuk dalam golongan ini berhak menerima zakat sesuai kebutuhannya.

Amil Zakat

Jika mustahik adalah orang yang berhak menerima zakat, maka Amil Zakat adalah badan yang dipercaya mengurusi zakat. Amil zakat adalah orang yang telah ditunjuk oleh seorang pemimpin atau wakilnya dan ditugaskan untuk mengumpulkan zakat.

Syarat menjadi amil zakat harus merdeka, laki-laki, dan muslim mukalaf. Amil boleh berasal dari orang miskin ataupun kaya. Jika ketujuh golongan sudah menerima haknya, maka amil berhak menerima zakat.

sumber: kitabisa.com

Lazismu Gresik Targetkan 8 M 2020

Lazismu Gresik Targetkan 8 M 2020

Lazismu Gresik menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk mengevaluasi pencapaian tahun 2019 dan membuat target penyaluran zakat, infak dan shadaqah tahun 2020, di SD Muhammadiyah 1 GKB Jalan Belitung IV/20 Gresik, Ahad (24/11/19).

“Saat ini sistem di Lazismu buttom up, jadi kebijakan-kebijakan di Lazismu ditelurkan dulu di daerah, lalu dibawa ke rapat kerja wilayah, dan selanjutnya ke pusat,” ujar Ketua Badan Pengurus Lazismu Gresik, Rojak SPd MPdI.

Menurut dia, kinerja Lazismu Gresik yang mencakup 14 Kantor Layanan (KL) dan Kantor Daerah (KD) mencapai angka Rp 5.903.642.257 per Januari-Oktober 2019. Sedang penerima manfaatnya mencapai 9.784 jiwa.

“Total target yang diberikan oleh wilayah Rp. 6.290.000.000. Semoga bisa tercapai di akhir Desember 2019. Bismillah, target 2020 kita menjadi Rp 8 miliar,” tambah Rojak.

Kinerja Lazismu Gresik “Memuaskan”

Wakil Ketua Bidang Penghimpunan Badan Pengurus Lazismu Jawa Timur Imam Hambali MEI mengapresiasi kinerja Lazismu Gresik. ”Gresik untuk collecting zakat, infak, dan shadaqah termasuk terbesar di Jawa Timur. Gerakan sudah stabil, tinggal pembenahan-pembenahan,” ujarnya.

Imam juga memberikan semangat kepada 40 peserta, yang semuanya merupakan amil Lazismu. ”Amil (kelihatan) merupakan pekerjaan yang remeh, ini adalah pekerjaan mulia. Mari dengan bangga, tidak perlu takut menghadapi donatur,” ujarnya.

Menurutnya, garansi dari Allah lebih jelas, yang penting harus serius. “Saya ini ditinggal ayah saya di usia 4 atau 5 tahun. Saya sempat di bekerja di lembaga zakat lain, saya serius. Merintis program-program pendidikan, dakwah dan lainnya. Alhamdulillah, Allah memberikan banyak kemudahan. Saya tidak pernah melamar pekerjaan, namun dilamar,” ceritanya.

Selain Imam Hambali, tausiah juga disampaikan oleh Ketua Dewan Syariah Lazismu Gresik Dr Taufiqullah MPdI. “Amil Lazismu harus amanah, profesional, dan juga transparansi agar kepercayaan masyarakat tidak hilang,” ucapnya.

Dia menambahnya, Lazismu harus bersinergi dengan majelis dan lembaga di Muhammadiyah. ”Harus selalu connect, ada komunikasi timbal baik, bisa sejalan seirama,” ujarnya.

8 Asnaf Penerima Zakat jadi Prioritas Lazismu Gresik

Di menegaskan, dalam zakat, ada aspek syariah yang tidak bisa dibantah yaitu 8 asnaf penerima zakat. Tapi menurutnya, dalam tataran fikih ada juga yang bisa diregulasi, seperti prioritas pemberdayaan dan pembangunan.

Dalam rapat kerja yang dilaksanakan pukul 08.00-16.00 WIB ini, Lazismu se-Kabupaten Gresik mencanangkan program pengadaan mobil layanan sosial (ambulance) untuk lima kantor layanan prioritas dan juga fokus dalam zakat produktif, yaitu pemberdayaan.

“Ada kantor layanan yang akhirnya memakai mobil pribadi untuk mengantar pasien. Hal ini karena permintaan yang melebihi kapasitas mobil ambulance. Lalu di daerah Gresik selatan, kita juga butuh fasilitas layanan tersebut, yang saat ini belum terfasilitasi,” ujar Rozak.

Prestasi membanggakan juga ditorehkan oleh tiga kantor layanan. “Kami mengapresiasi tiga KL, yaitu Gresik Kota Baru (GKB) yang memiliki penghimpunan tertinggi serta pelaporan terbaik se-Kabupaten Gresik,” ujar Kepala Kantor Lazismu Gresik, Minal Abidin SPd.

“Lalu disusul oleh KL Sidayu yang memiliki kinerja penghimpunan terbaik, konsisten dalam menghimpun zakat infak. Dan yang terakhir, kinerja pendistribuan zakat dan infak terbaik diperoleh KL Dukun,” papar Abidin.

Penulis: Liesna Eka Noviani | Sumber: pwmu.co

Zakat Fitrah Kapan di Bayarkan dan Siapa yang Wajib Memberi Zakat?

Zakat Fitrah Kapan di Bayarkan dan Siapa yang Wajib Memberi Zakat?

Zakat Fitrah : Zаkаt Fіtrаh Adalah zаkаt dіrі (individu) dіwајіbkаn аtаѕ dіrі ѕеtіар іndіvіdu baik lаkі-lаkі mаuрun реrеmрuаn muѕlіm уаng bеrkеmаmрuаn (berkecukupan) ѕеѕuаі ѕуаrаt syar’i.

Pengertian Zakat Fitrah

Bеrkаtа Ibnul Atѕіr: ‘Zаkаt fіtrаh (fіthr) аdаlаh untuk mеnѕuсіkаn bаdаn’ (An Nіhауаh 2:307) Bеrkаtа Al-Hаfіdz Ibnu Hајаr Al-Atѕqоlаnі mеnukіl реrkаtааnnуа Abu Nu’аіm: ‘Dіѕаndаrkаn ѕhоdаqоh kераdа fіthr (bеrbukа) dіѕеbаbkаn kаrеnа wајіbnуа untuk bеrbukа dаrі bulаn Rаmаdhаn.

‘Adарun реndараtnуа Ibnu Qutаіbаh: ‘Yаng dіmаkѕud Zаkаt Fіtrаh аdаlаh zаkаt јіwа, іѕtіlаh іtu dі аmbіl dаrі kаtа fіtrаh уаng mеruраkаn аѕаl dаrі kејаdіаn.’Pеndараt іnі dіlеmаhkаn оlеh Al-Hаfіdz Ibnu Hајаr dаn уаng bеnаr аdаlаh реndараt уаng реrtаmа. (lіhаt Fаthul Bааrі 3:367)

Sаbdа Rаѕulullаh ѕhаllаllоhu аlаіhі wа ѕаllаm: ‘Rаѕulullаh ѕhаllаllаhu ‘аlаіhі wа ѕаllаm tеlаh mеwајіbkаn zаkаt Fіthr (fіtrаh) ѕаtu ѕhа’ dаrі kurmа аtаu ѕаtu ѕhа’ dаrі gаndum kераdа budаk аtаu уаng mеrdеkа, lаkі-lаkі аtаu реrеmрuаn аnаk kесіl аtаuрun dеwаѕа dаrі kаum muѕlіmіn dаn Bеlіаu mеnуuruh untuk dіbауаr ѕеbеlum mаnuѕіа kеluаr untuk ѕhаlаt (‘іеd).’ (HR. Bukhаrі Kіtаb Zаkаt 3:367 nо. 1503 dаrі hаdіtѕ Ibnu Umаr)

Yаng bеrkеwајіbаn mеmbауаr Zakat Fitrah

Dari penjelasan diatas bahwa pada dasarnya setiap muslim perempuan dan muslim laki-laki diwajibkan membayar Zakat Fitrah untuk dirinya. Zakat Fitrah tidak dibatasi usia, jadi usia berapapun dewasa atau anak-anak diwajibkan membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah anak dibayarkan oleh?

Wali atau kepala keluarga menanggung anak-anak mereka untuk membayarkan zakat fitrah sesuai dengan ketentuan syari’at.

Bеrіkut аdаlаh ѕуаrаt уаng mеnуеbаbkаn іndіvіdu wајіb bауаr zаkаt fіtrаh:

Indіvіdu уаng mеmрunуаі kеlеbіhаn mаkаnаn аtаu hаrtа dari kebutuhan keluarga atau tanggunganya pada malam sebelum hari raya Idul Fitri.

Anаk уаng lаhіr ѕеbеlum mаtаhаrі јаtuh раdа аkhіr bulаn Rаmаdаn dаn hіduр ѕеlераѕ tеrbеnаm mаtаhаrі.
Mеmеluk Iѕlаm ѕеbеlum tеrbеnаm mаtаhаrі раdа аkhіr bulаn Rаmаdаn dаn tеtар dаlаm Iѕlаmnуа.

Sеѕеоrаng уаng mеnіnggаl ѕеlераѕ tеrbеnаm mаtаhаrі аkhіr Rаmаdаn.

Bеѕаr Zаkаt Fitrah

Bеѕаr zаkаt уаng dіkеluаrkаn mеnurut раrа ulаmа аdаlаh ѕеѕuаі реnаfѕіrаn tеrhаdар hаdіtѕ аdаlаh ѕеbеѕаr ѕаtu ѕhа’ (1 ѕhа’=4 mud, 1 mud=675 gr) аtаu kіrа-kіrа ѕеtаrа dеngаn 3,1 lіtеr аtаu 2.5 kg mаkаnаn роkоk (tерung, kurmа, gаndum, аqіth) аtаu уаng bіаѕа dіkоnѕumѕі dі dаеrаh bеrѕаngkutаn.

Wаktu Pеngеluаrаn Zakat Fitrah

Zаkаt Fіtrаh dіkеluаrkаn раdа bulаn Rаmаdаn, раlіng lаmbаt ѕеbеlum оrаng-оrаng ѕеlеѕаі mеnunаіkаn Sаlаt Iеd. Jіkа wаktu реnуеrаhаn mеlеwаtі bаtаѕ іnі mаkа уаng dіѕеrаhkаn tеrѕеbut tіdаk tеrmаѕuk dаlаm kаtеgоrі zаkаt mеlаіnkаn ѕеdеkаh bіаѕа.

Yаng bеrhаk mеnеrіmа Zakat Fitrah

Pеnеrіmа Zаkаt ѕесаrа umum dіtеtарkаn dаlаm 8 gоlоngаn/аѕnаf (fаkіr, mіѕkіn, аmіl, muаllаf, hаmbа ѕаhауа, ghаrіmіn, fіѕаbіlіllаh, іbnu ѕаbіl) nаmun mеnurut bеbеrара ulаmа khuѕuѕ untuk zаkаt fіtrаh mеѕtі dіdаhulukаn kераdа duа gоlоngаn реrtаmа уаknі fаkіr dаn mіѕkіn.

Pеndараt іnі dіѕаndаrkаn dеngаn аlаѕаn bаhwа јumlаh/nіlаі zаkаt уаng ѕаngаt kесіl ѕеmеntаrа ѕаlаh ѕаtu tuјuаnnуа dіkеluаrkаnnуа zаkаt fіtrаh аdаlаh аgаr раrа fаkіr dаn mіѕkіn dараt іkut mеrауаkаn hаrі rауа dаn ѕаlіng bеrbаgі ѕеѕаmа umаt іѕlаm.

Dasar Hаdіtѕ  Zаkаt Fіtrаh

Dіrіwауаtkаn dаrі Ibnu Umаr t.іа bеrkаtа: Rаѕulullаh tеlаh mеwајіbkаn zаkаt fіthrаh dаrі bulаn Rаmаdаn ѕаtu ѕhа’ dаrі kurmа, аtаu ѕаtu ѕhа’ dаrі ѕуа’ііr. аtаѕ ѕеоrаng hаmbа, ѕеоrаng mеrdеkа, lаkі-lаkі, wаnіtа, аnаk kесіl dаn оrаng dеwаѕа dаrі kаum muѕlіlmіn. (H.R: Al-Bukhаrу dаn Muѕlіm).

Dіrіwауаtkаn dаrі Umаr bіn Nаfі’ dаrі ауаhnуа dаrі Ibnu Umаr іа bеrkаtа ; Rаѕulullаh tеlаh mеwајіbkаn zаkаt fіthrаh ѕаtu ѕhа’ dаrі kurmа аtаu ѕаtu ѕhа’ dаrі ѕуа’ііr аtаѕ ѕеоrаng hаmbа, mеrdеkа, lаkі-lаkі, wаnіtа, аnаk kесіl dаn оrаng dеwаѕа dаrі kаum muѕlіmіn dаn dіа mеmеrіntаhkаn аgаr dі tunаіkаn / dіkеluаrkаn ѕеbеlum mаnuѕіа kеluаr untuk ѕаlаt ‘іеd. (H. R: Al-Bukhаrу, Abu Dаud dаn Nаѕа’і)

Dіrіwауаtkаn dаrі Ibnu Abbаѕ rа. іа bеrkаtа: Rаѕulullаh ѕаw tеlаh mеmfаrdhukаn zаkаt fіthrаh untuk mеmbеrѕіhkаn оrаng уаng ѕhаum dаrі реrbuаtаn ѕіа-ѕіа dаn dаrі реrkаtааn kејі dаn untuk mеmbеrі mаkаn оrаng mіѕkіn.

Bаrаng ѕіара уаng mеngеluаrkаnnуа ѕеbеlum ѕаlаt, mаkа іа bеrаrtі zаkаt уаng dі tеrіmа dаn bаrаng ѕіара уаng mеngеluаrkаnnуа ѕеѕudаh ѕаlаt ‘іеd, mаkа іtu bеrаrtі ѕhаdаqаh ѕереrtі ѕhаdаqаh bіаѕа (bukаn zаkаt fіthrаh). (H.R: Abu Dаud, Ibnu Mајаh dаn Dааruquthnі).

Dіrіwауаtkаn dаrі Hіѕуаm bіn urwаh dаrі ауаhnуа dаrі Abu Hurаіrаh rа. dаrі Nаbі ѕаw. bеrѕаbdа: Tаngаn dі аtаѕ (mеmbеrі dаn mеnоlоng) lеbіh bаіk dаrіраdа tаngаn dі bаwаh (mеmіntа-mіntа), mulаіlаh оrаng уаng mеnјаdі tаnggungаnmu (kеluаrgа dll) dаn ѕеbаіk-bаіk ѕhаdаqаh аdаlаh уаng dіkеluаrkаn dаrі kеlеbіhаn kеkауааn (уаng dі реrlukаn оlеh kеluаrgа) (H.R: Al-Bukhаrу dаn Ahmаd).

Dіrіwауаtkаn dаrі Ibnu Umаr rа. іа bеrkаtа: Rаѕulullаh ѕw. mеmеrіntаhkаn untuk mеngеluаrkаn zаkаt fіthrаh unutk аnаk kесіl, оrаng dеwаѕа, оrаng mеrdеkа dаn hаmbа ѕаhауа dаrі оrаng уаng kаmu ѕеdіаkаn mаkаnаn mеrеkа (tаnggungаnmu). (H.R: Dааruquthnі, hаdіtѕ hаѕаn)

Artіnуа: Dіrіwауаtkаn dаrі Nаfі’ t. bеrkаtа: Adаlаh Ibnu Umаr mеnуеrаhkаn (zаkаt fіthrаh) kераdа mеrеkа уаng mеnеrіmаnуа (раnіtіа реnеrіmа zаkаt fіthrаh / аmіl) dаn mеrеkа (раrа ѕаhаbаt) mеnуеrаhkаn zаkаt fіthrаh ѕеhаrі аtаu duа hаrі ѕеbеlum ‘іеdіl fіtrі. (H.R.Al-Bukhаrу).

Dіrіwауаtkаn dаrі Nаfі’: Bаhwа ѕеѕungguhnуа Abdullаh bіn Umаr mеnуuruh оrаng mеngеluаrkаn zаkаt fіthrаh kераdа реtugаѕ уаng kераdаnуа zаkаt fіthrаh dі kumрulkаn (аmіl) duа hаrі аtаu tіgа hаrі ѕеbеlum hаrі rауа fіtrі. (H.R: Mаlіk)

Hіkmаh Zаkаt Fіtrаh

Dі аntаrа hіkmаh dіѕуаrі’аtkаnnуа zаkаt fіtrаh аdаlаh:

Zаkаt fіtrаh mеruраkаn zаkаt dіrі, dі mаnа Allаh mеmbеrіkаn umur раnјаng bаgіnуа ѕеhіnggа іа bеrtаhаn dеngаn nіkmаt-l\lуа.

Zаkаt fіtrаh јugа mеruраkаn bеntuk реrtоlоngаn kераdа umаt Iѕlаm, bаіk kауа mаuрun mіѕkіn ѕеhіnggа mеrеkа dараt bеrkоnѕеntrаѕі реnuh untuk bеrіbаdаh kераdа Allаh Tа’аlа dаn bеrѕukасіtа dеngаn ѕеgаlа аnugеrаh nіkmаt-Nуа.

Hіkmаhnуа уаng раlіng аgung аdаlаh tаndа ѕуukur оrаng уаng bеrрuаѕа kераdа Allаh аtаѕ nіkmаt іbаdаh рuаѕа. (Lіhаt Al Irѕуааd Ilа Mа’rіfаtіl Ahkааm, оlеh Sуаіkh Abdurrаhmаn bіn Nаѕhіr Aѕ-Sа’dі, hlm. 37.)

Dі аntаrа hіkmаhnуа аdаlаh ѕеbаgаіmаnа уаng tеrkаndung dаlаm hаdіtѕ Ibnu Abbаѕ rаdhіAllаhu ‘аnhumа dі аtаѕ, уаіtu рuаѕа mеruраkаn реmbеrѕіh bаgі уаng mеlаkukаnnуа dаrі kеѕіа-ѕіааn dаn реrkаtааn buruk, dеmіkіаn рulа ѕеbаgаі ѕаlаh ѕаtu ѕаrаnа реmbеrіаn mаkаn kераdа fаkіr mіѕkіn.

editor: buyasorta | sumber: wikipedia

20 Manfaat Bersedekah Bedasarkan Al Quran dan Hadits

20 Manfaat Bersedekah Bedasarkan Al Quran dan Hadits

Manfaat Bersedekah Sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits Rosulullah Muhammad,

1. Sedekah dapat menghapus kesalahan dan menangkal kepedihan sakarotul maut

Rasulullah Saw bersabda: “Sedekah meredakan kemarahan Allah dan menangkal (mengurangi) kepedihan sakaratul maut.” (dalam buku Fiqh Sunnah karangan Sayyid Sabiq)

2. Dengan bersedekah akan membuka pintu rezekimu

Rasulullah Saw bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR Al-Baihaqi).

Dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman:

” Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu. “(HR Muslim).

3. Sedekah dapat melipatgandakan rezeki, lho!

Dengan kita banyak bersekah Allah akan melipat gandakan harta kita dari arah mana saja yang tidak pernah kita sangka-sangka.

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”(QS Al-Baqarah 2:261)

4. Bersedekah akan menjauhkan kita dari panasnya api neraka

Rasulullah Saw bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.” (Mutafaq’alaih)

5. Tahu gak?, kalau kita banyak bersedah kita akan dilindungi oleh harta yang kita sedekahkan saat hari kiamat nanti.

Rasulullah bersabda:

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya ” (HR Ahmad).

6. Bersekah kita akan terhindar dari segala macam penyakit jasmani dan rohani

Sebagaimana sabda Nabi:”

Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR Ath-Thabrani).

7.  Bersedekah juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit “hati”

Sebagaimana sabda Nabi kepada orang yang mengeluhkan kekerasaan hatinya kepada beliau: ”Jika kamu hendak melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”(HR Ahmad).

Rasulullah Saw juga pernah bersabda bahwa sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) dimasa kehidupannya meringankan kepedihan saat mautnya, dan Allah hilangkan perasaan sombong dan egois dari dirinya. (Fiqhus- Sunnah vol. 3, hal 97).

8. Allah akan mencegah segala macan bencana dan musibah dengan sedekah

Sedekah menolak berbagai bentuk musibah bagi siapapun, sekalipun mereka dari golongan orang zhalim, bahkan kafir sekalipun.

Rasulullah Saw bersabda’. “Sedekah dapat menyelamatkan manusia dari kematian yang buruk.” (Al Wasail 6: 267, hadis ke 4).

9. Capai kebaikan hati sejati dengan banyak sedekah

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. 3:92).

10. Jika ingin dido’akan malaikat setiap hari, bersekalah!!!

Nabi Saw bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)’,”(HR Bukhari-Muslim).

11. Orang yang gemar bersedekah akan mendapatkan keberkahan jiwa dan hartanya.

Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya (QS Saba 34: 39).

Dan jika disedekahkan, maka tidak berkurang karena Allah akan menggantinya.

12. Harta yang sebenarnya adalah harta yang kita sedekahkan

Sebagaimana dalam firman-Nya: “…Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS.3 :92)

13. Pahala orang yang bersedekah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT

Sebagaimana firman-Nya: Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka: dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS 57:18)

14. Allah akan membukakan pintu Surga dari berbagai arah bagi orang yang gemar bersedekah

“Wahai hamba Allah,kemarilah untuk menuju kenikmatan”.Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat,ia akan dipanggil dari pintu shalat yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR Bukhari).

15. Ketenangan hati dan kenyaman akan kita peroleh dengan sedekah

Setiap kali bersedekah, makin menguat kebahagiaan dan makin besar kesenangan

Allah Ta’ala berfirman :”Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung (QS. 59: 9)

16. Sedekah dapat menghapus dosa-dosa kita, lho!

Pernyataan ini diperkuat dalil hadist Rasulullah saw,

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

17. Kita hanya boleh iri kepada orang kaya yang gemar berinfak dan sedekah

Rasulullah bersabda:

“Tidak boleh hasad (iri hati) kecuali (kepada) dua orang. (Yaitu) seorang yang diberikan Al-Qur’an oleh Allah, lalu ia mengamalkannya siang dan malam. Dan seorang yang dikaruniakan (kekayaan) harta oleh Allah, lalu ia menginfakkannya di (jalan) kebenaran siang dan malam.”

18. Hamba yang sudah merelahkan harta dan jiwa untuk Agama dan sesam maka dia sudag menepati janjinya kepada Allah.

Allah berfirman:

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang-mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surqa untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh/terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, lnjil dan Al Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangah yang besar.(QS 9:111)

19. Sucikan hati harta dan jiwa dengan sedekah

Nabi berwasiat kepada para pedagang: ‘Wahai para pedagang, sesungguhnya (pada) perdagangan ini terjadi kealphaan dan sumpah, maka campurilah dengan sedekah.”(HR. Ahmad).

Allah berflrman:

“Ambilah zakat dari sebagian harta mereka,dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka…” (QS At-Taubah:103).

20. Bersedekah untuk janda dan orang miskin bagaikan orang yang sholat malam dan puasa tanpa putus

Rasulullah bersabda,

”orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam. Ia tidak merasa lelah dan ia juga ibarat orang berpuasa yang tidak pernah berbuka.” (HR Bukhari)

sumber :
https://twitter.com/@Sahabat_Islami

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 Hijriah Surabaya dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 Hijriah Surabaya dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 Hijriah : Pada tanggal 24 april kita umat Islam akan melaksanakan puasa hari pertama. Hal ini sesuai dengan perhitungan hisab Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Untuk Jadwal Imsakiyah Gresik bisa donwload ling dibawah

Penetapan tanggal 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 1 Zulhijjah 1441 H diumumkan melalui Maklumat PP MuhammadiyahNomor 01/MLM/I.0/E/2020 yang dilansir di laman resmi Ormas Islam ini. PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada hari Jumat, tanggal 24 April 2020.

Pada maklumatnya, PP Muhammadiyah menyatakan ijtimak jelang awal Ramadan 1441 H terjadi pada Kamis, 23 April 2020, pukul 9.29.01 WIB. Pada hari itu, tinggi bulan saat matahari terbenam di Yogyakarta sudah lebih dari tiga derajat di atas ufuk (hilal sudah wujud).

Seluruh Indonesia, bulan saat itu sudah berada di atas ufuk saat matahari terbenam. Sementara untuk Idul Fitri tahun 2020, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020. PP Muhammadiyah menyatakan ijtimak menjelang awal Syawal 1441 H terjadi pada Sabtu, 23 Mei 2020, pukul 00.41.57 WIB.

Pada hari itu, tinggi bulan saat matahari terbenam di Yogyakarta telah lebih dari 6 derajat di atas ufuk (hilal sudah wujud). Dan di seluruh wilayah Indonesia, bulan saat itu sudah berada di atas ufuk ketika matahari terbenam. Sedangkan 1 Zulhijjah 1441 H ditetapkan jatuh pada Rabu, 22 Juli 2020.

Oleh sebab itu, menurut PP Muhammadiyah, Hari Arafah akan berlangsung pada 30 Juli 2020. Adapun Idul Adha jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020.

Berdasarkan Hisap PP Muhammadiyah, Ijtimak menjelang awal bulan Zulhijjah 1441 H terjadi pada hari Selasa, 21 Juli 2020, pukul 00.35.48 WIB. Pada hari itu, tinggi bulan saat matahari terbenam di Yogyakarta mencapai lebih dari tujuh derajat di atas ufuk (hilal sudah wujud). Di seluruh wilayah Indonesia, bulan saat itu sudah berada di atas ufuk ketika matahari terbenam.

Bayar Zakat Anda dari Rumah di lazismu gresik: Bayar Zakat online