Zakat, Pengertian, Hukum, Keutamaan, dan Jenisnya

Zakat, Pengertian, Hukum, Keutamaan, dan Jenisnya

Hukum Zakat, Zakat adalah rukun Islam yang ketiga yang diwajibkan di Madinah pada bulan Syawal tahun kedua Hijriyah setelah diwajibkannya puasa Ramadhan dan zakat fitrah.

Zakat: Pengertian, Hukum, Keutamaan, Serta Jenisnya

Penyaluran ZIS Oleh lazismu Gresik kepada Mustahik Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Zakat dalam segi istilah adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya atau mustahik zakat yang terdiri dari 8 asnaf. Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam

Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.

Syarat-syarat Wajib Zakat

a. Muslim
b. Aqil
c. Baligh
d. Memiliki harta yang mencapai nishab

ZAKAT MAAL

Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati

Milik Penuh (Almilkuttam)
Berkembang
Cukup Nishab
Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul Ashliyah)
Bebas Dari hutang
Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)

Harta (maal) yang Wajib di Zakati
Binatang Ternak
Hewan ternak meliputi hewan besar (unta, sapi, kerbau), hewan kecil (kambing, domba).

Emas Dan Perak

Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok, juga sering dijadikan perhiasan. Emas dan perak juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang. Oleh karena syara’ mewajibkan zakat atas keduanya, baik berupa uang, leburan logam, bejana, souvenir, ukiran atau yang lain.

Harta Perniagaan

Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya, baik berupa barang seperti alat-alat, pakaian, makanan, perhiasan, dll. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti CV, PT, Koperasi, dsb.

Hasil Pertanian

Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian, umbi-umbian, sayur-mayur, buah-buahan, tanaman hias, rumput-rumputan, dedaunan, dll.

Ma-din dan Kekayaan Laut

Ma’din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas, perak, timah, tembaga, marmer, giok, minyak bumi, batu-bara, dll. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara, ambar, marjan, dll.

Rikaz

Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya.

Untuk Konsultasi dan cara menghitung zakat dapat menghubungi: kontak

PROGRAM PEMBERDAYAAN ZAKAT UNTUK PENERIMA MANFAAT

Sejak tahun 2002 Lazismu terus konsisten untuk menjadi problem solver bagi berbagai permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Baik itu berkenaan dengan masalah eknomi, pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan mutu kesehatan serta pendidikan masyarakat Indonesia dan penanggulangan bencana melalui pemberdayaan dana Zakat, Infaq dan dana kemanusiaan lainnya.

Berikut adalah jejak pengabdian Lazismu di tengah masyarakat:

Kami mengajak segenap kaum muslimin untuk mendukung program-program yang dilaksanakan oleh Lazismu. Zakat, Infaq dan dana kemanusiaan lainnya yang berasal dari donatur/muzakki akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk transformasi mustahik menjadi lebih baik lagi.

3 Pilar Program Lazismu

1. PENDIDIKAN

Pilar program yang betujuan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan SDM dan juga perbaikan sarana dan prasarana pendidikan terutama di daerah pinggiran dan daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal). Program Pilar Pendidikan ini terdiri dari:

Save Our Schools, Gerakan penyelamatan sekolah-sekolah yang rusak secara fisik dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.

TrenSains, Gerakan membumikan Sains khusus di kalangan Pesantren. Kegiatan utama TrenSains adalah mengkaji dan meneliti ayat-ayat semesta yang terkandung di dalam Al-Quran dengan harapan lulusannya menjadi ilmuan bidang kealaman, rekayasa dan medis dengan basis pemahaman Al-Quran yang kokoh serta kedalaman filosofis.

Beasiswa Mentari, Gerakan kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak yatim dan pelajar dari kurang mampu melalui pola pengasuhan dalam bentuk bantuan beastudi.

Beasiswa Sang Surya, Gerakan peningkatkan akses untuk pendidikan yang berkualitas. Yaitu dengan memberikan kesempatan generasi muda yang berprestasi namun menghadapi kendala ekonomi untuk menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas.

Sekolah Cerdas, Program yang bertujuan untuk menciptakan sekolah yang memiliki kebijakan dan budaya yang mendorong seluruh elemen sekolah dalam menciptakan kondisi yang aman terhadap bencana dan kekerasan.
Peduli Guru, Program yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan atau kesejahteraan guru.

2. EKONOMI

Program yang menyentuh permasalahan ekonomi masyarakat dengan berbagai bentuk kegiatan program, diantarnya adalah:

Tani Bangkit, Program pemberdayaan petani melalui system pertanian terpadu dan ramah lingkungan. Bekerjasama dengan Majelis Perberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam bentuk pelatihan, pendampingan dan penyediaan pupuk.

Pemberdayaan Buruh Tani & Nelayan, Program pemberdayaan bagi buruh tani nelayan yang bekerjasama dengan MPM PP Muhammadiyah dengan tujuan meningkatkan kapasitas/taraf ekonominya.

Peternakan Masyarakat Madani, Program pemberdayaan peternak dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas harga ternak dan memiliki daya saing, kerjasama Lazismu dengan MPM PP Muhammadiyah.

BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah), Program pemberdayaan perempuan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga berbasis Ibu rumah Tangga.

1000 UMKM, Program pemberdayaan ekonomi melalui pemberian modal usaha (kepada gharimin/terlilit hutang) dan penguatan usaha dengan skema kemitraan.

Pemberdayaan Mualaf, Program pemberdayaan bagi Muallaf dengan cara pelatihan, pendampingan dan permodalan yang bertujuan untuk peningkatan ekonomi keluarga.

3. KEMANUSIAAN DAKWAH & SOSIAL

Berbagai program yang di dedikasikan untuk berbagai permasalahan kemanusiaan, pendukung kegiatan dakwah dan aksi sosial di tengah masyarakat.

Indonesia Mobile Clinic, Program layan gerak klinik kesehatan yang ditujukan khusus untuk melayani dan membantu masyarakat dalam bentuk pengobatan dan konsultasi di lokasi atau daerah rawan kesehatan dan jauhnya akses menuju puskesmas atau rumah sakit.

Klinik Apung Said Tuhuleley, Floating clinic untuk memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pulau-pulau terpencil di kepulauan Maluku yang masih lemah terhadap akses layanan kesehatan dan pendidikan.

END TB, Program pemberian bantuan sarana pendukung bagi penderita TB yang sedang melakukan proses pengobatan.

Peduli Kesehatan, Program bantuan bagi masyarakat yang sedang dalam tahap pengobatan dan memilik kendala dalam pembiayaan.

Indonesia Terang, Program pemberian listrik tenaga surya kepada masyarakat miskin di daerah yang belum terjangkau aliran listrik dari PLN dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas keluarga.

Advokasi, Program pendampingan dan pengembangan bagi masyarakat berupa advokasi maupun bantuan hukum dan usaha, dengan target sasaran; Buruh, Petani dan Nelayan; Tenaga Kerja Indonesia (TKI); Penyandang Sosial (Korban gusur).

Da’i Mandiri, Program pengembangan sumber daya da’i di kawasan dan wilayah khusus. Bekerjasama dengan Lembaga Dakwah Khusus (LKD) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Santri Tahfidz & Kewirausahaan, Program pembinaan santri tahfidz dengan pembekalan teknik berwiraswasta dan pertanian.

Pengembangan Pesantren, Program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pesantren menjadi lebih berkualitas dan berprestasi.

Back To Masjid, Program yang bertujuan menyemarakkan masjid sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan bagi masyarakat sekitar.

Indonesia Siaga, Program penanganan bencana alama mulai dari tahap kesiap-siagaan, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekontruksi. Programnya meliputi: Tanggap darurat bencana, Sekolah siaga, Rumah sakit siaga, komunitas siaga, lumbung dan relawan siaga

editor: buya sorta | sumber: Lazismu PP Muhammadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *